ISIM MUFROD, MUSANNA DAN JAMAK
MAKALAH
Diajukan untuk memenuhi tugas pada
mata kuliah
“ shorrof “

Dosen
pembimbing:
H.
Akhmad Syaikhu, M.A
Oleh:
1.
Durratun Nasikhah (A81211118)
2.
Muhibbatul Ummah (A81211130)
3.
Qurrotun A’yun (A71211108)
BAHASA DAN
SASTRA ARAB
FAKULTAS
ADAB
INSTITUT
AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
SUNAN
AMPEL SURABAYA
2012
ISIM MUFRAD, MUSANNA DAN JAMA’
A.
PENDAHULUAN
Dalam istilah ilmu
shorof ada beberapa unsur penting yang menjadi pokok dalam
suatu pembicaraan dengan bahasa arab, diantara unsur kalimat tersebut adalah kalimat Fi’il atau dalam
bahasa Indonesia disebut kata kerja selain itu juga ada kalimat isim yang
berarti kata benda. Yang kami bahas disini adalah tentang jenis-jenisnya
kalimat isim dilihat dari jumlahnya terdiri dari tiga bagian. Untuk mengetahui
lebih lanjut akan kami bahas pada sub bab berikutnya.
B.
PEMBAHASAN
Isim menurut jumlahnya dibagi menjadi tiga yaitu mufrad, mutsanna
dan jama’.
1.
Isim
mufrad adalah isim yang menunjukkan arti satu. Seperti مُحَمَّدٌ dan رَجُلٌ
Sebagian
ulama’ menta’rifkan bahwa isim mufrad ialah ism yang bukan mutsanna da bukan jama’
dan bukan pula mulhak pada keduanya, dan bukan pula dari asmaul khamsah.
2.
Isim
mutsanna ialah isim yang menunjukkan
arti dua, dengan menambahkan alif dan nun atau ya’ dan nun. Seperti كِتَابَانِ dan كِتَابَيْنِ (dua
buku)
Kaidah
umum untuk membentuk mutsanna, tambahkan alif dan nun pada ism mufrad untuk
marfu’ dan tambahkan يْنِ
jika majrur da manshub tanpa perubahan apa-apa pada bentuk
mufradnya, seperti:
رَجُلَانِ menjadi رَجُلٌ
اِ مْرَأَ ةٌ menjadi اِمْرَأَتَانِ
jika
mutsanna menjadi mudhaf maka nun nya dibuang
dan
dikecualikan dari itu jika:
a.
Isim
maqsur, maka alifnya diganti dengan ya’ jika berupa empat huruf atau lebih dan
dikembalikan pada asalnya jika tiga huruf, Contoh:
دَعْوَى menjadi دَعْوَيَانِ
مُصْطَفَى menjadi مُصْطَفَيَانِ
عَصًا menjadi عَصَوَانِ
b.
Isim
mamdud, jika untuk muannats hamzahnya diubah menjadi و , tetap jika ia asli dan boleh dua keadaan
jika ia untuk ilhaq (penggolongan), atau penggantian dari asal. Contoh:
صَحْرَاْءٌ menjadi صَحْرَاوَانِ
سَوْدَاءٌ menjadi سَوْدَاوَانِ
قُرَّاءٌ menjadi قُرَّاءَانِ
وُضَّاءُ menjadi وُضَّاءَانِ
عِلْبَاءٌ menjadi
عِلْبَاءَانِ atau عِلْبَاوَانِ
كِسَاءٌ menjadi
كِسَاءَانِ atau كِسَاوَانِ
c.
Isim
manqus, jika terbuang maka ya’ nya dikembalikan. Contoh:
هَادٍ menjadi هَادِيَانِ
مُهْتَدٍ menjadi مُهْتَدِيَانِ
Adapun
isim murakkab tidak bisa dijadikan mutsanna seperti بَعْلَبَكَ dan سِبَوَيْهٍ
3.
Isim
jama’ ialah isim yang menunjukkan arti lebih dari dua. Jama’ ada tiga bagian
jama’ mudzakar salim, jama’ muannas salim dan jama’ taksir.
a.
Jamak
mudzakar salim ialah bentuk jama’ yang menunjukkan arti lebih dari dua dengan
menambahkan و dan ن (ketika rofa’) atau ي dan ن (ketika nashab dan jar) tanpa ada perubahan padanya. Seperti: مُؤْمِنُوْنَ (orang-orang
mu’min laki-laki) dan مُؤْمِنُيْنَ
(orang-orang mu’min laki-laki).
Dan
dikecualikan dari itu jika:
1)
Isim
manqus, ya’ nya dibuang dan huruf sebelum wawu didhummah atau
huruf sebelum ya’ dikasroh untuk penyesuaian. Contoh:
هَادٍ menjadi هَادُوْنَ
atau هَادِيْنَ
2)
Isim
maqsur, alif nya dibuang dan harakat sebelum wawu atau ya’ tetap
difathah sebagai tanda bagi alif. Contoh: مُصْطَفَى menjadi
مَصْطَفَوْنَ atau مُصْطَفَيْنَ
b.
Jamak
muannas salim ialah isim yang menunjukkan arti lebih dari dua dengan menambah alif
dan ta’ dan tidak mengubah bentuk mufradnya. Seperti زَيْنَبٌ menjadi زَيْنَبَاتٌ
Dan
dikecualikan dari itu jika:
1)
Isim
yang berakhiran dengan ta’ marbuthoh ( ة ) maka ta’ ini
dibuang lalu hubungkan alif dan ta’. Contoh: فَاطِمَةٌ menjadi فَاطِمَاتٌ
2)
Isim
maqsur dan mamdud, maka tetap sebagaimana membentuk musanna dari keterangan
diatas dengan menambah alif dan ta’. Contoh:
حُبْلَى menjadi حُبْلَيَاتٌ صَحْرَاءٌ menjadi صَحْرَوَاتٌ
هُدَى menjadi هُدَيَاتٌ عِلْبَاء menjadi عِلْبَاوَاتٌdan عْلْبَاءَاتٌ
رِضا menjadi رِضَوَاتٌ
3)
Dan
isim-isim seperti دَعْدٌ dan سَجْدَةٌ , maka
‘ain fiilnya diharakati dengan fathah. Contoh: دَعَدَاَتٌ dan سَجَدَاتٌ
ketentuan seperti itu adalah jika jika isim itu tsulasi, sahih ‘ain nya,
sukun ‘ain nya dan fa’ nya berharakat fathah maka tidak ada
perubahan bentuk.
c.
Jamak
taksir adalah isim yang menujukkan arti lebih dari dua dengan perubahan bentuk
mufradnya. Seperti: رِجَالٌ dan عَرَائِشُ
(pengantin-pengantin perempuan).
Jamak
taksir itu mempunyai 21 wazan. Untuk jamak qillah (yakni mulai dari tiga hingga
10) dari 21 wazan itu adalah 4 wazan yaitu:
أَفْعُلٌ, أَفْعَلٌ, أَفْعِلَةٌ, dan فِعْلَةٌ seperti اَنْفُسٌ, اَجْدَادٌ, اَعْمِدَةٌ dan فِتْيَةٌ
Dan
untuk jamak katsrah (yakni mulai dari 11 dan seterusnya tidak terbatas) ada 17
wazan. Contoh:
Wazan
|
Contoh Jama’
|
فُعْلٌ
|
حُمْرٌ
|
فِعْلٌ
|
قِطَعٌ
|
فُعَلٌ
|
صُوَرٌ
|
فُعُلٌ
|
كُتُبٌ
|
فِيْعَلٌ
|
فِيْلَةٌ
|
فَعَلَةٌ
|
سَحَرَةٌ
|
فَعَالٌ
|
هُدَاةٌ
|
فَعْلَى
|
مَرْضَى
|
فُعَّالٌ
|
عُدَّالٌ
|
فُعَّلٌ
|
رٌكَّعٌ
|
فُعَلَاءُ
|
نُبَهَاءُ
|
فُعُوْلٌ
|
قُلُوبٌ
|
فِعَالٌ
|
جِبَالٌ
|
فِعْلَانٌ
|
غِلْمَانٌ
|
فُعْلَانٌ
|
قُضْبَانٌ
|
أَفْعِلَاءُ
|
اَنْبِيَاءُ
|
Dan sighat muntahal jumuk
(setiap jamak yang terdiri dari dua huruf atau tiga huruf dengan huruf
tengahnya mati setelah alif jamak taksirnya) seperti دَرَاهِمَ
dan دَنَانِيْرَ
Sighat ini mempunyai 7 wazan:
1.
Wazan
فَعَائِلُ
seperti صَحِيْفَةٌ menjadi صَحَائِفُ
2.
Wazan
فَعَالِيُّ seperti كُرْسِيٌّ menjadi كَرَاسِيُّ
3.
Wazan
فَوَاعِلُ
seperti جَوْهَرُ menjadi جَوَاهِرُ
4.
Wazan
فَعَالِلُ seperti جَعْفَرُ menjadi جَعَافِرُ
5.
Wazan
فَعَالِي seperti سَعْلَاةٌ menjadi سَعَالِي
6.
Wazan
فَعَالَى seperti سَكْرَانٌ menjadi سَكَارى
7.
Dan
Wazan فُعَالَى
C.
KESIMPULAN
1.
Isim
menurut jumlahnya dibagi menjadi tiga yaitu mufrad, mutsanna dan jama’.
2.
Isim
mufrad adalah isim yang menunjukkan arti satu.
3.
Isim mutsanna ialah isim yang menunjukkan arti
dua, dengan menambahkan alif dan nun atau ya’ dan nun. Kecuali isim maqsur,
isim mamdud dan isim manqus
4.
Isim
jama’ ialah isim yang menunjukkan arti lebih dari dua.
5.
Jama’
ada tiga bagian jama’ mudzakar salim, jama’ muannas salim dan jama’ taksir.
6.
Jamak
mudzakar salim ialah bentuk jama’ yang menunjukkan arti lebih dari dua dengan
menambahkan و dan ن atau ي dan ن tanpa ada perubahan padanya.
7.
Jamak
muannas salim ialah isim yang menunjukkan arti lebih dari dua dengan menambah alif
dan ta’ dan tidak mengubah bentuk mufradnya.
8.
Jamak
taksir adalah isim yang menujukkan arti lebih dari dua dengan perubahan bentuk
mufradnya.
Bahasa Pakistan dengan huruf Mufrod menjadi bahan pelajaran dalam pelajaran agama Islam, karena banyak buku agama Islam ditulis oleh ulama Pakistan
BalasHapusoke
BalasHapus